CARA KERJA MOTOR 2 TAK

HALO sahabat mekanik Motor Semua, izinkan saya hari ini menayapa kalian, Apa kabar Hari ini? semoga kalian dalam Lindungan Allah SWT ya, Dan semoga kalian yang sedang mencari rezeki, Di mudahkan Rezekinya, berkelimpahan rezeki, amin.
Untuk Yang sedang menempuh pendidikan, semoga Ilmu kalian terus bermanfaat sehingga mengantarkan kalian pada kekeberkahan hidup dan kemudahan rezeki, Amin Allahumma Amin.

Baik Kali ini saya dari tim otomotor ingin membagikan Sedikit ilmu secara gratis, Semoga dengan ilmu yang sederhana ini bisa menambah wawasan kawan-kawan semua yaa.. yukk langsung cek TKP hehe

Motor 2 Tak yaitu motor yang menghasilkan tenaga dalam 2 kali gerakan piston / 1 kali putaran kruk as

    

SIKLUS KERJA MOTOR 2 TAK.

Piston bergerak dari TMB ke TMA.

  1. LANGKAH HISAP.

Piston bergerak dari TMB ke TMA yang kemudian menutup lubang transfer, sehingga di ruang carter terjadi kevakuman yang mengakibatkan gas segar terhisap dari karburator mengisi ruang carter.

  1. LANGKAH KOMPRESI.

Semakin piston bergerak ke atas, piston akan menutup lubang buang. Selanjutnya gas segar yang berada di ruang bakar akan dimampatkan sampai ± 10º Sebelum TMA busi memercikkan bunga api untuk membakar gas segar yang sudah dikompresi.

  1. LANGKAH USAHA.

Sesaat setelah gas segar terbakar, hasil pembakara akan digunakan untuk mendorong piston bergerak menuju TMB, pergerakan piston akan digunakan untuk memutar kruk as.

  1. LANGKAH BUANG.

Semakin piston bergerak kebawah, piston akan membuka lubang buang. Selanjutnya gas sisa pembakaran akan keluar dari silinder menuju knalpot. Pada saat yang bersamaan gerak piston kebawah mengakibatkan terjadinya tekanan positif terhadap gas segar yang berada di bawah piston / ruang carter.

  1. LANGKAH BILAS (SCAVENGING).

Semakin kebawah gerak piston juga akan membuka lubang transfer,sehingga gas segar yang berada di ruang carter akan berpindah ke ruang bakar. Perpindahan gas ini digunakan untuk melakukan proses pembilasan terhadap gas sisa pembakaran  keluar sekaligus untuk mengisi ruang bakar dengan gas segar yang baru.

 

JENIS LUBANG PORTING PADA MOTOR 2 TAK

  1. Intake Port (Lubang Hisap).

Berfungsi sebagai jalur masuknya gas segar dari karburator ke ruang carter. Pada bagian Intake Port terdapat sistem pemasuakn yang mengatur proses membuka dan menutupnya lubang Intake.

  1. Transfer Port (Lubang Transfer).

Berfungsi sebgai jalur berpindahnya gas segar dari ruang carter menuju ke ruang bakar.

Lubang transfer dibedakan menjadi 2 jenis menurut arah pembilasannya, yaitu :

  1. Main Transfer (Transfer Utama).

Saat gas masuk ke dalam silinder, gas akan membelok ke bagian atas kemudian berpusar ke bawah menuju lubang buang. Hal ini bertujuan untuk mendorong gas sisa pembakaran yang masih berada di bagian atas silinder agar dapat keuar menuju lubang buang.

  1. Auxiliary Transfer (Transfer Pembantu).

Saat gas masuk ke ruang bakar gas akan berpusar di bagian tengah. Hal ini bertujuan untuk mendorong gas sisa pembakaran yang masih berada di tengah silinder supaya dapt keluar menuju lubang buang.

  1. Exhaust Port (Lubang Buang).

Berfungsi sebagai jalur keluarnya gas sisa pembakaran menuju knalpot / udara bebas.

  1. Boss Port.

Berfungsi sebagai lubang transfer  tambahan sehingga proses pembilasan dan pengisian gas segar baru di ruang bakar dapat berlangsung lebih cepat. Letak dari lubang Boss Port berhadapan langsung dengan lubang buang buang sehingga arah pembilasannya mendorong gas sisa yang tepat berada di tengah silinder. Lubang ini adalah hasil pengembangan dan penyempurnaan sistim pembilasan, hal ini dikarenakan pada konstruksi dasar motor 2 tak tidak dilengkapi dengan Boss Port.

Baik ini adalah sedikit Ilmu yang bisa kami bagikan, tentu masih ada lagi pembahasan tentang motor 2 tak yang lainnya, Materi yang saya share ini baru hanya Bagian awal saja, untuk materi selanjutkan akan saya pos di postingan selanjutnya, oleh sebab itu teman-teman boleh pantengin terus web kami, karena tim kami akan update terus materi tentang seputar mekanik motor. Tidak hanya 2 tak, motor 4 tak pun juga ada.
Okaay sekian dari salam sukses untuk kalian semua. wassalmualakikum Wr.Wb

INFO KURSUS MEKANIK MOTOR STANDAR & KURSUS MEKANIK MOTOR BALAP

Informasi Lebih Lanjut Silahkan Kunjungi Web Kami: OTOMOTOR.CO.ID
TELP/SMS/WA: 081225977965

Telepon
Whatsapp